Minggu, 14 September 2014


Pemasaran Online merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan World Wide Web. Produk yang dipasarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain (afiliasi) dengan pembagian komisi dalam jumlah tertentu (sistem persentase)

·          Manfaat Pemasaran Online
Beberapa manfaat dari internet marketing sebagai berikut:
1.        Pemasaran barang dan jasa
Proses pemasaran barang dan jasa menggunakan internet akan lebih mudah. Selain itu jangkauan wilayahnya juga tidak terbatas.
2.        Internet marketer
Internet marketer (pelaku internet marketing) akan lebih mudah untuk mengukur statistik dengan mudah dan murah.
3.        Aspek promosi
Hampir seluruh aspek promosi pemasaran internet dapat ditelusuri, diukur, dan diuji.
4.        Pemenuhan target
Segmen pasar akan semakin memenuhi target. Misalnya melalui forum, milis, rss, kata-kata kunci (key word), dll.
5.        Kemudahan sistem pembayaran
Cara pembayaran yang mudah, tinggal klik dan pay.


·           Komponen dalam Pemasaran Online
1.      Website
Semua usaha internet marketing harus dimulai dari website. Tanpa website, bagaimana Anda akan menyuruh konsumen Anda datang dan melihat-lihat. Tidak memiliki sebuah website sama seperti membuka bisnis tanpa alamat. Wajah toko dan bisnis Anda adalah website Anda. Lalu pertanyaannya adalah, apakah Anda harus bisa membuat website? Tidak harus. Lebih baik kalau Anda bisa membuatnya sendiri karena itu akan menurunkan biaya Anda untuk memulainya, tetapi apabila Anda tidak bisa membuatnya, Anda masih bisa menggunakan tenaga orang lain dan membayarnya.
2.      Email
Selain salah satu media komunikasi yang sangat umum, marketing melalui email juga tergolong vital di dalam proses internet marketing. Dengan menggunakan email, suatu bisnis bisa mengkomunikasikan produk dan jasanya kepada konsumennya. 90% (mungkin lebih) transaksi yang saya proses, semuanya berasal dari email. Penggunaan Autoresponder, sebagai suatu system untuk menjaring database konsumen sangat penting disini. Saya tidak mungkin membuat website tanpa menjaring konsumen dengan menggunakan Autoresponder.
3.      Search Engine Marketing
Salah satu komponen yang tergolong penting adalah search engine. Dengan mengoptimasi beberapa faktor dari website Anda sehingga website Anda muncul di halaman pertama pencarian beberapa search engine utama seperti google, yahoo dan bing akan membuat konsumen lebih banyak yang datang menuju website Anda dan akhirnya akan meningkatkan omzet website Anda. Teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website Anda biasa disebut sebagai SEO.
4.      Banner dan Blog Marketing
Banner advertising, adalah teknik mencari konsumen dengan meletakkan iklan berbentuk banner (gambar) di website orang lain dengan biaya tertentu. Semakin popular dan ramai suatu website, biasanya biaya iklan akan semakin tinggi. Blog Marketing adalah suatu cara untuk mempromosikan produk atau jasa suatu usaha melalui sebuah blog. Pengunjung bisa memberikan komentar-komentar yang bisa menarik banyak pengunjung apabila topic yang dibahas di blog cukup seru.
5.      Artikel Marketing
Salah satu komponen yang penting dari internet marketing adalah artikel marketing. Dengan menulis artikel dan mengirimkannya ke beberapa artikel direktori, suatu website bisa mendapatkan banyak konsumen yang berasal dari pembaca artikel-artikel tersebut. Sebaiknya artikel berisi informasi yang berguna bagi pembaca ceruk market yang Anda tuju. Dengan demikian, pembaca artikel tersebut bisa menjadi konsumen loyal Anda apabila mereka berpikir bahwa Anda adalah expert di bidang tersebut.


·           Cara melakukan pemasaran online dengan :
1.  Menciptakan kehadiran online elektronik
Cara ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu ( 1 ) Membeli ruang dilayanan online komersial. ( 2 ) Membentuk situs internet sendiri misalnya dengan Situs Internet Perusahaan ( corporate Web Site ), Situs Internet Pemasaran ( marketing Web Site ).
2.  Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet yang mempunyai papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock.
3.        Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet.
4.        Mengunakan E-mail dan Webcasting, Yang dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an secara otomatis informasi-informasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC si penerima yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet / informasi lain.

·           Peluang dan Tantangan Pemasaran Online
ü  Peluang Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.
ü  Tantangan pemasaran online :
1.    Keterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas.
2.    Demografis dan psikografis pengusaha menjadi menyimpang.
3.    Kekacauan dan kesemrawutan.
4.    Keamanan.
5.    Kepedulian etis.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Logo SMKN1 Prob

About Me

About Me
Doni Erfianto

Popular Posts

Recent Posts

Buku Tamu